[ALL ABOUT KOREA] Daftar Zodiak Dalam Astrologi Korea


Di Korea, setiap kalender tahunan ditandai dengan symbol hewan sama dengan di China. Aslinya, ide ini berasal dari legenda 12 Dewa yang menjelma dalam bentuk 12 jenis hewan yaitu tikus (子), kerbau (丑), harimau (寅), kelinci (卯), naga (辰), ular (巳), kuda (午), domba (未), monyet (申), ayam jantan (酉), anjing (戌), and babi (亥). Mereka juga dikenal dengan istilah “12 Lambang Zodiak”. Yuk kita simak sejarah adanya ke -12 lambang Zodiak ini.

Cerita Pertama tentang Legenda 12 Dewa Zodiak:

Buddha memanggil semua hewan di seluruh dunia pada saat Sang Buddha hendak meninggalkan dunia ini, namun hanya 12 hewan yang datang. Kemudian Buddha memberikan nama setiap tahunnya dengan nama ke-12 hewan ini dimulai dari yang pertama datang menghadap sang Buddha. Tikus datang pertama kali, lalu berikutnya Kerbau, diikuti oleh Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Domba, Monyet, Ayam Jantan, Anjing, dan Babi. Mereka menjadi 12 Dewa Zodiak seperti yang kita ketahui saat ini.

Cerita Kedua tentang Legenda 12 Dewa Zodiak:

Pada zaman dahulu kala, Sang Dewa memanggil semua hewan dan berbicara kepada mereka ”Datanglah mengunjungi-Ku pada pagi hari saat Tahun Baru Imlek. Bagi yang pertama tiba akan diberikan hadiah pertama dan seterusnya, tetapi hadiah tersebut hanya diberikan oleh 12 hewan saja”. Sang Kerbau tidak begitu yakin apakah dia bisa berlari atau bangun lebih cepat dari Babia tau Kelinci, belum lagi Kuda, Anjing, dan Harimau.  Oleh karena itu ia pergi terlebih dahulu daripada hewan lain. Sang kerbau yang sederhana dan jujur mulai berjalan pada malam hari di malam Tahun Baru Imlek saat semua hewan sedang tidur. Sang Tikus yang sigap dan cerdas kemudian dengan cepat naik ke atas tubuh sang Kerbau. Akhirnya sang Kerbau tiba di Istana sang Dewa, tetapi saat gerbang dibuka, sang Tikus turun dari Kerbau dan lari dengan cepat menuju sang Dewa dan menjadi yang pertama tiba. Sang Harimau lari bermil-mil tanpa istirahat dan berhasil tiba ditempat yang ketiga, dan sang Kelinci ditempat keempat, dilanjuti oleh Naga, Ular, Domba, Monyet, Ayam Jantan, Anjing, dan Babi.


Yang menarik dari Zodiak ini adalah peramalan kepribadian masing-masing individu berhubungan dengan binatang. Nah, chingudeul sudah mulai penasaran dengan ke 12 Zodiak binatang dan karakteristiknya? Yuk kita lihat!


Tikus

Di tahun tikus ini melambangkan kekayaan, harapan, dan rencana untuk masa depan. Ciri-ciri mereka yang lahir di tahun ini adalah Pekerja keras, Thrifty / Frugal, Cerdas dan cepat. Namun kelemahan mereka adalah terlalu sensitif, nggak gampang percaya dengan orang lain, dan terlalu emosional. So, hati-hati dengan si tikus ya.

Kerbau

Tahun sapi/kerbau melambangkan kekayaan melalui Kegigihan dan kerja keras. Ciri-ciri kepribadian positif  mereka adalah sabar, jujur, kerja keras. Kekurangannya adalah mereka terlalu konservatif dan malu-malu. Tahun sapi ini cocok dengan tahun ular dan ayam, namun bisa saja merasa nggak nyaman dengan mereka yang lahir di tahun domba.

Harimau

Tahun harimau melambangkan keberanian dan syukur. Sifat kepribadian positif mereka  bergairah, jujur, optimis, agresif.  Salah satu hal negatif yang dimiliki oleh cingudeul yang lahir ditahun ini adalah Gegabah, mereka terlalui terburu-buru memutuskan sesuatu, ketika mencoba untuk mencapai tujuan Anda. Tahun harimau paling cocok dengan tahun kuda dan anjing, namun akan merasa nggak nyaman dengan tahun monyet.

Kelinci

Tahun kelinci melambangkan Kebenaran dan Kebijaksanaan. Ciri-ciri kepribadian positif  mereka peka, lucu, artistik, namun mereka terlampau santai sehingga kurang mengasah kemampuan-kemampuan mereka dengan baik. Orang-orang dengan tipe ini cocok dengan tahun domba dan babi, dan nggak cocok dengan tahun ayam.

Naga

Tahun naga melambangkan Keberuntungan dan Kekuasaan. Sifat kepribadian positif mereka yang lahir di tahun ini adalah seorang yang positif dan mampu menjadi pemimpin yang kuat. Namun ada beberapa hal yang harus diantisipasi yaitu mereka sering bertindak arogan dan kurang sabar. Paling cocok dengan mereka yang lahir di Tahun monyet dan tikus. Tapi nggak cocok dengan tahun anjing.

Ular

Nah, buat kalian yang lahir di Tahun Ular melambangkan Kesuburan dan Kemakmuran. Jika Cingudeul lahir di tahun ini, maka sifat positif cingu adalah perfeksionis, ambisius, dan pekerja keras. Tapi negatifnya mereka Ingin semuanya sempurna dan dapat menyebabkan keragu-raguan dalam  diri. Orang yang lahir di tahun ini cocok dengan tahun Ayam dan Sapi. Paling nggak cocok kalau bertemu dengan Tahun Babi.

Kuda

Tahun Kuda melambangkan Harapan, Keaktifan, dan Kecepatan. Ciri-ciri mereka yang lahir di Tahun Kuda ini cukup mudah ditebak kok. Mereka tergolong orang yang terbuka, lucu, dan periang. Namun orang seperti ini perlu di waspadai ya, karena mereka sering menggunakan pikirannya sendiri saat menentukan sebuah pilihan. Tanpa harus Babibu dengan orang lain, tiba-tiba saja dia sudah memutuskan. Cocok dengan Tahun Anjing dan Harimau, namun nggak cocok dengan Tahun Tikus.

Domba

Tahun domba melambangkan Pengorbanan, dan Ketenangan. Seperti yang telah dilambangkan, mereka mempunyai emosi yang stabil, dan nggak mudah marah. Mereka menghadapi semua masalah dengan tenang, dan mempunyai rasa simpati yang cukup besar. Walaupun cukup tenang, namun si Domba ini terlalu takut untuk melangkah, sering bimbang dalam memutuskan suatu perkara, dan mudah mengeluh. Paling cocok dengan tahun babi dan kelinci, namun nggak cocok dengan tahun Kerbau.

Monyet

Wih, yang lahir di tahun monyet pasti seneng, soalnya tahun ini melambangkan bakat dan panjang umur. Selain itu sifat positif mereka adalah seorang periang, positif, dan berjiwa sosial yang tinggi. Eits, namun ada salah satu sifat negartif dia yang kurang baik nih cingu. Para Monyet ini kurang mempunyai kegigihan dalam menyelesaikan suatu hal. Ya, pokoknya pemikiran mereka itu terlalu mainstream. Hehehe. Tahun paling cocok dengan si monyet ini adalah tahun tikus dan naga, namun nggak cocok dengan tahun harimau.

Ayam

Ayam ini adalah binatang lucu yang sering banget jadi santapan orang-orang. Namun siapa sangka mereka yang lahir di tahun ini adalah orang yang cerdas, berani, dan mampu menepati rencana yang telah dibuat. Selain itu mereka juga keras kepala dan egois. Hmm, lucu tapi menakutkan ya, cingu. Paling cocok dengan tahun sapi, dan ular. Paling nggak cocok dengan tahun kelinci.

Anjing

Tahun anjing yang dalam bahasa Korea disebut sebagai Gae ini nggak seseram kelihatannya lho. Karakter mereka adalah jujur, terang dan ramah. Namun ada beberapa sifat buruknya, yaitu Judgemental, keras kepala, dan to much defensif. But dont worry, asalkan mereka nggak bertemu dengan orang yang lahir pada tahun naga, si anjing ini nggak akan menggonggong kok. Paling cocok dengan tahun harimau dan kuda.

Babi

Tahun babi melambangkan Kekayaan, dan Keberuntungan. Sifat mereka yang lahir di Tahun ini biasanya jujur, sederhana, dan  kuat. Namun satu sifatnya yang menghambat nya menjadi kaya, yaitu Ragu-ragu untuk mengambil tindakan. Paling kompatibel dengan kelinci dan domba. Kurang bersahabat dengan tahun ular.


Comments