[ALL ABOUT KOREA] Mengucap Kata-Kata Sederhana Selama Liburan di Korea


Bangsa Korea dikenal sebagai negara yang sangat mencintai bahasanya. Mungkin karena itulah, tidak banyak warga Korea yang menguasai bahasa Inggris. Nah, jika Anda berminat untuk berlibur ke Korea, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kosakata sederhana agar perjalanan wisata Anda makin berwarna.

Saat liburan kita akan mengunjungi beberapa tempat sekaligus misalnya warung atau rumah makan. Di tempat ini, Anda akan sering mendengar kata-kata 맛있게 드세요 (masitge deuseyo) yang artinya “selamat menikmati”. Sebelum melahap makanan Anda bisa mengatakan 잘 먹겠습니다 ( jal meokgessseumnida) yang berarti “saya akan makan dengan nikmat”. Kalimat senada juga patut diucapkan setelah makan yakni 잘먹었습니다 (jalmeogeossseumnida) yang berarti “terima kasih”.




Selain itu ada kalimat-kalimat lain yang lazim diucapkan saat berada di toko. Pertama menginjakkan kaki di toko tersebut sang pelayan mungkin akan mengucapkan 어서 오세요 (eoseo oseyo ) alias “selamat datang”. Selanjutnya ia akan mengatakan 뭘 도와 드릴까요 (mwol dowa deurilkkayo) artinya “apa yang bisa saya bantu”. Jika semua kebutuhan Anda sudah terbeli Anda bisa mengucapkan terimakasih. Ucapan terimakasih untuk kondisi ini ada dua bentuk. Pertama 많이 파세요 (manhi paseyo) maksudnya “menjualah yang banyak ”. Ungkapan terimakasih yang kedua bisa menggunakan kalimat 수고하세요. (sugo haseyo) maksudnya “terima kasih dan selamat bekerja dengan baik”.

Nah, selain harus pandai dan sering mengucapkan terimakasih sebagai bentuk penghargaan kita kepada orang lain, Anda juga harus cepat minta maaf jika membuat kesalahan. Dalam bentuk formal ada dua kalimat yang bisa kita gunakan untuk mengekspresikan perminataan maaf. Yang pertama adalah 죄송합니다 (joesonghamnida) dan yang kedua 미안합니다 (mianhamnida). Sedangkan secara informal kalimat maaf bisa diucapkan dengan 미안해 (mianhae). Sebaliknya untuk menjawab ungkapan maaf kita bisa menggunakan kalimat 괜찬습니다 (gwaenchanseumnida) yang berarti “tidak apa-apa” atau cukup 괜찬아.. ( gwaenchana).




Kalimat-kalimat lainnya yang juga harus Anda ketahui adalah kalimat “selamat, baik pagi, siang atau malam” dengan menggunakan kata -안녕하세요 (annyeong haseyo). Jika ingin mengucap “apa kabar” cukup dengan kalimat 처음 뵙습니다 (cheo eum boepsemnida). Anda juga harus mengetahui kata-kata untuk mengucap terimakasih. Secara umum “terimakasih” bisa diungkapkan dengan 감사합니다 (gamsahamnida) artinya ”terima kasih” atau 고맙습니 (gomapseumnida). Untuk lawan bicara dan keadaan yang informal Anda bisa mengucapkan terimakasih dengan 고마워요 (gomawoyo). Jika dengan teman sendiri atau yang usianya sebaya bisa menggunakan 고마워 (gomaweo) atau cukup 고맙다 (gomapda).

Nah, kini Anda tidak lagi ragu berlibur ke Korea bukan? Anda bahkan bisa mempraktekkan keahlian Anda dengan menghabiskan waktu di beberapa tempat nongkrong anak muda seperti Rodeo Street, I’Park Mall dan Sinchon.

Info dan foto oleh: http://korea.panduanwisata.com

Comments